Real Plano Brazil


Tugas Bisnis internasional

ASROBIATUL ASLAMIA 07 152 009
RAHMARANI 07 152 053
GIVO ENDRIKA PUTRI 07 152 057
SISKA ANGGRAINI 07 152 073

Real Plano Brazil

BAB I
PENDAHULUAN

Kebutuhan modal mendorong perusahaan untuk memasuki pasar modal baik pasar domestik maupun pasar global. Pada pasar modal global, peminjam akan dikenakan biaya modal yang rendah jika dibandingkan dengan pasar modal domestik. Selain itu pada pasar domestik dana yang tersedia terbatas, berbeda dengan pasar modal global dana yang tersedia tida terbatas dan kesempatan untuk mendapatkannya lebih besar.
Brazil sebagai salah satu negara Amerika latin yang memiliki perekonomian sosialis moderat pada tahun 1990an mengalami hiperinflasi yang lebih 1000%. Hiperinflansi menggangu kegiatan ekonomi dan mendatangkan ketakutan bagi investor luar negeri untuk investasi di Brazil. Hal ini mendorong pemerintah untuk mengubah sistem ekonomi sosialis menjadi ekonomi yang berbasis dynamic market (pasar yang dinamis). Pemerintahan menerapkan beberapa kebijakan pada berbagai bidang untuk mengatasi inflasi yang sedang dialami Brazil. Salah satu kebijakan yang paling sukses adalah Real Plan (Plano Real).
Plano Real adalah kebijakan yang dibuat dengan mengganti mata uang Brazil dari Cruzeiro menjadi Real. Langkah ini dilakukan karena mata uang terdahulu, Cruzeiro telah melorot nilainya secara tajam. Standar temporer dari mata uang yang digagas oleh Cardoso adalah Dolar Amerika Serikat. Plano Real juga bertujuan untuk mengurangi inflasi tanpa harus membekukan harga dan gaji.

BAB II
LITERATURE REVIEW

2.1 Perkembangan pasar modal global.
Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu pertama sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor). Pasar modal gobal menyediakan dana yang tidak terbatas dengan kesempatan yang lebih besar dibandingkan dengan pasar domestic, tapi pasar modal global memiliki resiko yang lebih besar karena dipengaruhi nilai pertukaran mata uang asing.
2.2 Faktor- faktor yang mempengaruhi perkembangan pasar modal global.

1. Teknologi informasi
Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, salah satunya yagn paling utama adalah microprocessors, yang memungkinkan pertumbuhan yang tinggi, perhintungan biaya yang rendah dan perkembangan informasi yang pesat yang dapat diproses seseorang atau perusahaan. Layanan keuangan merupakan industri yang membutuhkan informasi yang intensif untuk mendapatkan informasi tentang pasar, resiko, tingkat bunga, kredit dan yang lainnya. Jasa keuangan membutuhkan intensitas pemakaian yang seringkali sehingga diperlukan peningkatan dan pengembangan teknologi informasi.

2. Deregulasi
Deregulasi merunjuk pada kebijakan pemerintah mengurangi/meniadakan aturan administratif yang mengekang kebebasan gerak modal, barang, dan jasa. Dengan kebebasan gerak produksi, distribusi, dan konsumsi modal, barang, serta jasa itu, volume kegiatan bisnis swasta diharapkan melonjak. Dengan adanya deregulasi ini pemerintah tidak perlu melakukan pengawasan tehadap pasar modal, dan menghilangkan peraturan yang mengekang inward investment yaitu pemain asing dan outward investment yaitu pemain local untuk melakukan kerjasama. Kebijakan deregulasi mulai merambah ke negara berkembang dan ke negara yang ekonominya baru tumbuh seperti negara-negara di Amerika Latin, Asia, dan Eropa Timur.

2.3 Resiko dari nilai tukar valuta asing dan biaya modal.
Valuta asing merupakan perubahan nilai dari suatu mata uang ke mata uang lainnya. Suatu negara dapat menggunakan valuta asing dimiliki untuk melakukan pembayaran pada negara lain. Valuta asing akan mempunyai suatu arti apabila valuta tersebut dapat ditukarkan dengan valuta lainnya tanpa pembatasan. Biaya modal merupakan biaya yang harus dikeluarkan atau dibayar oleh perusahaan untuk mendapatkan modal yang digunakan untuk investasi perusahaan. Dengan melakukan kegiatan di bursa valuta asing dan di pasar modal global perusahaan memiliki resiko yang besar diantaranya :
• Perubahan nilai tukar mata uang yang tidak stabil yang dapat mempengaruhi besarnya tingkat bunga yang harus dibayar, misalnya pada awal peminjaman nilai tukar stabil sehingga tingkat bunga rendah tapi setelah terjadi pergerakan nilai tukar (melemah) peminjam harus membayar bunga lebih tinggi.
• Jika terjadi gejolak ekonomi, politik, dan keamanan investor dapat tiba-tiba menarik investasinya atau membatalkan investasinya.
• Jika nilai tukar suatu mata uang tinggi akan mendorong terjadinya impor dan menghambat ekspor dan sebaliknya.

BAB III
ANALISIS KASUS

• Awal kebijakan Real Plan (Plano Real)

Sejak tahun 1990an Brazil mengalami peningkatan ekonomi namun juga mengalami hiperinflasi yang membuat pemerintah Brazil mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi inflasi yang meliputi privatisasi kepemilikan perusahaan, deregulasi substansial, persiapan perdagangan bebas regional dan multinasional, menyingkirkan penghalang FDI dan Plano Real (Real Plan).
Real Plan (Plano Real) merupakan kebijakan ekonomi moneter ketat yang paling sukses dalam menghadapi inflasi. Real adalah mata uang Brazil yang baru untuk menggantikan mata uang lama, cruizero yang nilainya sangat rendah pada saat inflasi terjadi. Kebijakan ini dibuat oleh Hendrique Cardoso yang menjabat sebagai untuk mengeluarkan Brazil dari inflansi ekonomi. Ketika diimplementasikan Brazil mengalami inflasi lebih 1000%. Untuk menguatkan nilai real terhadap US dolar dan menjaga depresiasi dolar pertahun tidak lebih dari 7,5 %. Untuk menjaga depresiasi pada batas ini, pemerintah Brazil menaikkan tingkat bunga berulang kali untuk menjaga nilai real terhadap dolar.
Dari semuanya, “real plan” adalah yang paling sukses. Pada tahun 1996 inflansi turun menjadi 10% dan menurunkan tingkat bunga tahunan 4% pada awal 1998 dan 2% pada akhir tahun 1998. Pada waktu yang sama ekonomi Brazil kembali tumbuh pada tingkat yang relatif sempurna dari 3 ke 4% setiap tahun, selain itu FDI yang naik sebanyak $ 16 billion pada tahun 1997 dan $22 billion pada tahun 1998.

• Perkembangan mata uang Real
Plano Real yang pada awal diimplementasikan memberikan dampak yang signifikan untuk menurunkan tingkat inflasi. Namun pada pertengahan tahun 1998 Brazil mengalami devisit perdagangan sampai dengan 4% dari jumlah GDP karena sebanyak 7% dari devisit fikal dan penerimaan pajak. Devisit perdagangan adalah nilai Real yang lebih tinggi terhadap US dollar yang mencapai 15% – 20%, sehingga membatasi ekspor barang namun mendorong terjadinya impor.
Penyebab devisit fiskal Brazil sangat kompleks yaitu :
1. Pemerintah menghabiskan penerimaan pajak dalam beberapa tahun.
2. Keuangan sektor umum mengalami devisit akibatnya menuntut pemerintah untuk menekan tingkat bunga sehingga membuat pelaku bisnis sulit mendapatkan kredit.
3. 90 % dari penerimaan pajak digunakan untuk biaya yang tercantum dalam ‘ four constitutional mandated’ yang meliputi transfer kepada cabang lain dan barisan di pemerintahan, pembayaran pada kantor pemerintah, biaya pensiun dan tunjangan kesejahteraan lainnya dan pembayaran bunga pinjaman pemerintah.
Dalam mempertahankan Real pemerintah Brazil melakukan sejumlah langkah yaitu :
1. Brazilian Central Bank memasuki pasar valuta asing, dengan adanya cadangan devisa bisa digunakan untuk membeli real di perdangangan bebas. Faktanya, antara awal bulan agustus dan pertengahan September 1998, brazil kehilangan satu pertiga dari cadangan devisa,yaitu sedikitnya $ 50 miliyar dan Bank Sentral menghabiskan $ 1 miliyar per hari untuk mempertahankan nilai real.
2. Pemerintah memutuskan untuk memotong anggaran sebesar $10,8 miliyar. Walaupun pemotongan anggaran ini pernah mengalami kegagalan pada bulan November sebelumnya, pasar internasional melihat hal ini dengan keragu-raguan dan pedangang terus menjual real.
3. Pemerintah Brazil berulang kali menaikan tingkat suku bunga untuk meningkatkan ketertarikan memiliki real. Pada akhir September tingkat suku bunga di Brazil adalah 39% , yang merupakan suku bunga tertinggi didunia. Tingkat suku bunga membantu untuk memperlambat jatuhnya mata uang, hal ini juga menyebabkan meningkatnya biaya pemeliharaan hutang pemerintah pada saat penekanan aktivitas ekonomi. Dengan demikian pemerintah mengurangi pemasukan pajak dan meningkatkan detorasi lebih lanjut dalam defisit fiskal.
4. Pada akhir September, pemerintah mengungkapkan adanya negosiasi dengan IMF untuk dukungan keuangan.

BAB III
KESIMPULAN

Bisnis Internasional mendorong perusahaan dan negara untuk memnfaatkan pasar modal global. Hal ini akan memungkinkan biaya modal yang rendah namun dengan tingkat resiko yang lebih tinggi. Resiko pasar modal global dipengaruhi nilai tukar mata uang asing. Biaya modal yang pada mulanya relatif rendah akan menjadi tinggi akibat perubahan nilai tukar.
Pendekatan Cardoso mencoba untuk menyelesaikan masalah hiperinflasi dan devisit yang terjadi di Brazil dengan mereformasi masalah pembayaran pensiunan, kantor pemerintahan, dan sistem pajak, selain itu Cardoso juga berulangkali menaikan tingkat suku bunga. Namun kebijakan ini tidak begitu berhasil, kerjasama dengan IMF lah yang membuat perekonomian Brazil kembali bergairah.
Pasar modal global diharapkan mampu memberikan kesempatan terhadap bisnis dan individu untuk dapat membangun rencana bisnis dan keuangan yang tingkat resikonya rendah. Sehingga modal yang sangat banyak di dalam negeri dapat diinvestasikan secara international. Sasaran akhir dari penanaman modal asing adalah pemanfaatan dana dengan resiko yang rendah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s