Ada Om Bob Sadino di Kampus Unand


bob-sadino2Jum’at ini mungkin jadi jum’at yang nggak biasa bagi warga kampus Unand. Kuliah Umum Kewirausahaan yang jadi agenda mingguan sesak banget di datangi mahaiswa maupun Unand. Ya jelaslah Rame ….(bukan berarti yang lain nggak Rame), yang datang sekelas Bob Sadino, biasanya cuma dilihat di teve sekarang ada langsung.

Pas masuk semua pada berdiri, tau kenapa?? kalau aku sih penasaran itu Om masih pakai celana pendek atau nggak. Yang lain tau deh… Ternyata masih…Tapi yang menarik buat diceritain bukan masalah itu. Cerita masalah celana nanti ja,,,

Kuliah Kewirausahaan kali ini boleh dibilang yang paling kontroversial. Gimana nggak?? Pas sesi tanya jawab ada mahasiswa yang tanya ” Gimana jadi Entrepreneur yang sukses ??” Tau nggak apa Jawabnya. ” Anda semua coba tunjuk tangan siapa yang mau jadi Entrepreneur”. Jelas aja semua pada tun juk tangan. Tapi tau nggak kelanjutannya Om Bob ngomong ” Kalau kalian mau jadi Entrepreneur besok kalian keluar dari kampus ini. Kampus hanya memberikan ilmu-ilmu tanpa Aplikasi.Edan nggak?? Didepan rektor lagi…

Kalau dipikir iya juga kalau mau jadi pengusaha yang handal tempat yang paling cocok adalah lingkungan usaha itu sendiri. Kita nggak akan pernah tahu gimana lingkungan usaha itu sendiri tanpa ada langsung didalamnya.

Apa sich yang didapat dari Om Bob selama kuliah Umum??

Kalau aku melihat pribadi Bob Sadini. Satu kata MENGAGUMKAN. Berkali Om Bob bilang dia adalah orang yang tidak membuat planning untuk usaha yang dijalaninya dan ini sempat jadi perdebatan antara mahasiswa (khususnya jurusan manajemen yang dikepala mereka Selalu ada kata POAC). Gimana bisa sich usaha tanpa rencana?? Kalau menurut aku Om Bob bukannya bikin usaha tanpa planning, tapi dia bikin usaha tanpa banyak teori lah atau kajian yang mendalam.Dia bikin usaha sesuai dengan intuisi bisnis dia,yang intuisi itu didapat dari pengalaman dimasalalu.

Jadi nggak benar juga kalau ada seseorang yang kelihatannya tanpa plannning dalam hidupnya lalu berhasil itu disebut keberuntungan. Karena orang yang percaya keberuntungan adalah Orang yang tidak Percaya Tuhan itu Maha Adil. Ini dari dari Om Bob juga… Hayo… Siapa yang sering berpikir kayak gitu… Intinya JUST DO IT…

Selain itu kita juga belajar gimana berpikir dari hal yang tak biasa. Berpikir melingkar. Belajar untuk lebih humble, ikhlas, dari seorang Bob Sadino. Don’t Judge The Book by Its Cover….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s